Minggu, 21 Juni 2015

Berdagang dengan Allah SWT. What does it means?


Berdagang dengan Allah SWT. What does it means?
oleh Detha A. Fajri
Jakarta, 21 June 2015

1. Yaa ayyuhalladzina aamanu hal adullukum 'ala tijaaratintunjikum min 'adzabin aliim, tu'minuna billah.... illa akhiru ayah. (Q,: As Saff ; 10-11)

2. Al Quran sering mnggunakan perumpamaan bisnis dalam hbungan Ia dgn hambanya. Selain ayat diatas tentang perdagangan (tijaarah), disurat Al Baqarah jg Alloh umpamakan sbgai pinjaman/hutang (QS, 2;242)

3. So, what does it means?

4. Alloh sekedar ingin mengikuti pola fikir manusia yg lebih mudah mmahami ssuatu dg analogi. jadi ibadah sperti apa yg Alloh ingin dri analogi tersebut?

5. Berdagang tidak skedar aktivitas tukar-menukar bukan? tapi lebih dari itu.. 

6. bisnis mnurut businessdictionary.com berarti An organization or economic system where goods and services are exchanged for one another or for money.

7. aktifitas Tukar menukar yg mnghasilkan benefit bgi kedua belah pihak. tapi sesederhana itukah?

8. Tidak. Tidak sesederhana itu. disana ada creating value. values untuk vendor/company dan untuk customer.

9. that's why, bisa jadi total cost iPhone6plus hanya 3 ato 4jutaan tapi dijual Oleh Apple sampai 11jutaan. why? that's it, value creation. orang sampe mau bayar mahal. (http://www.businessinsider.co.id/analysis-iphone-6-plus-costs-prices-and-profits-2014-9/#.VYZUJHP-JzQ)

10. tapi sesederhana angka financial itukah total cost yg dikeluarkan Apple utk iPhone nya? i don't think so.

11. it takes a lot of effort, time and intangible resources for gain new technology and innovation as well.

12. ada usaha. ada pengorbanan utk hasilkan barang high end. sampai akhirnya bahkan calon pembeli ngantri panjang untuk dapetin iPhone. mereka mau bayar mahal dan ngantri.

13. analogi tijaarah (perdagangan) Allah SWT dalam al Quran pun demikian. u've to takes a lot of time, effort and even sacrifice to gain awesome benefit from Alloh SWT.

14. Itu juga sebabnya sebaik apapun advertising yg kamu lakukan gak ada manfaatnya kalo product/services yg kamu tawarkan gak bagus. gak berkualitas.

15. bahkan kalo product/services kamu udh bagus banget dg advertising strategy yg Oke tapi gak meet dg Needs dri customer juga percuma.

16. dalam ibadah juga gitu. kamu gak perlu beli baju koko, sarung, kopiyah ato sajadah yg sampe jutaan untuk menunjukkan ketaatanmu. bcoz, it doesn't mean Allah will accepted ur worship, isn't it?

17. yang Penting bgi Allah adalah ketentuan ibadah yg kamu penuhi. cuma 2 kok: ikhlash dan sesuai tuntunan Rasul. itu aja. cukup.

18. Itu berarti pertama tama yg harus kita lakukan adalah perbaiki kualitas product/services kita. ibadah kita. agar meet dg apa Yang Alloh inginkan.

19. Dalam marketing juga ada konsep Customer Value Proposition. apa sih yg diinginkan sama customer. mereka butuh apa sih. disitu kita provide product/services kita.

20. kamu gak akan tau Alloh inginnya apa kalo kamu gak banyak belajar, baca, memahami Islam. bukan berarti kamu terlahir dari orang tua yang islam terus kamu menganggap islam itu given. bukan.. islam itu di pelajari..

21. Cari tau apa yang Alloh mau dari kamu dan berusahalah penuhi itu. That's it, Customer value proposition. when u got it and provide it, u'll gain a lot of benefit from Allah.

22. Dalam Human Resources management juga ada adagium, "if you pay peanuts, you get Monkey"

23. ini juga tamparan telak buat kita. Berapa infaq dan Sodaqoh kita? untuk anak yatim, fakir miskin, jihad fii sabilillah. jangan kan itu. bahkan mungkin kita memilih recehan untuk disumbangin ke mesjid. Naudzubillah.

24. So, for u all guys, don't expect a lot. even Syurga Firdaus if you pay "peanuts".

25. Dalam Investasi, ada kaidah bahwa return (imbal hasil) yang kita harapkan akan selalu terkait langsung dengan tingkat resiko yang harus ditanggung.

26. Ini kaidah Investasi Alloh, "perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui." (QS. 2: 261)

27. Bahkan investasi ini minim resiko, bayangkan returnnya 700x.. kalo kamu infaq 100 rupiah. kamu akan dapat return senilai 70ribu. Tapi apa iya infaq kita cuma 100Rupiah. Malu sama Alloh.

28. Akhirnya. Bisnis mensyaratkan kita untuk bertahan dan memenangkan kompetisi. dan Bukankah Alloh ajarkan kita tentang kaidah "fastabiqul khairats" tentang berlomba2 dalam kebaikan?

29. Lantas, untuk memenangkan kompetisi, apa competitive advantage kita?

30. Alloh sudah siapkan banyak pintu Syurga kawan. mau lewat pintu puasa? tahajud? infaq sadaqah? jihad fiisabilillah? mau yang mana?

31. Bahkan kata Rasul di padang Mahsyar nanti ada 7 golongan yg Allah lindungi.

32. siapa aja 7 golongan itu? “...seorang imam (pemimpin) yang adil, fata (pemuda) yang senantiasa beribadah kepada Allah, rijal (lelaki) yang hatinya sentiasa terpaut dengan masjid, dua orang yang saling cinta mencintai karena Allah di mana keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seorang lelaki yang diajak oleh wanita rupawan serta berkedudukan tinggi untuk melakukan zina, lalu ia menjawab: “aku takut kepada Allah”, seseorang yang bersedekah dengan sesuatu sedekah lalu menyembunyikan sedekahnya itu sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dibelanjakan oleh tangan kanannya, seseorang yang mengingati Allah di tempat yang sunyi lalu mengalir air matanya. ”(Riwayat Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

33. Kau bisa pilih ingin masuk golongan mana. Bahkan kau bisa pilih untuk bisa masuk di semua golongan.

34. Selamat Berpuasa kawan. Semoga di Ramadhan ini Allah perkenankan lezat ibadah bagi kita. Maaf Jika saya banyak salah selama interaksi kita.
CMIIWWIW (Correct Me If I'm Wrong With Islamic Way)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar